Mana Saja Daerah Penghasil Minyak Bumi di Jawa?

Pulau Jawa selain menjadi pusat pemerintahan juga menyimpan minyak bumi dalam jumlah besar. Terdapat beberapa daerah penghasil minyak bumi di Jawa yang hingga kini masih menyumbang produksi minyak nasional.

Berikut ini kami rangkum beberapa wilayah penghasil minyak paling besar yang ada di Pulau Jawa, beberapa di antaranya adalah Cepu, Majalengka, Tuban, dan Bojonegoro.

Daerah Penghasil Minyak Bumi di Jawa

  • Blok Cepu

Blok Cepu adalah kawasan kontrak minyak dan gas bumi yang mencakup kawasan Kabupaten Bojonegoro (Jawa Timur), Kabupaten Blora (Jawa Tengah), dan Kabupaten Tuban (Jawa Timur).

Sebelum temuan terkini, sebelumnya cadangan minyak yang cukup besar ada di kawasan Cepu dan sekitarnya, yaitu Kabupaten Bojonegoro dan Tuban. Di Cepu, dikenal sebagai proyek Banyu Urip yang dinaungi oleh Exxon Empat Cepu Limited yang berada di Kabupaten Bojonegoro.

Saat ini ladang minyak di Cepu selain untuk aktifitas penambangan minyak bumi, juga difungsikan sebagai wahana pengajaran bidang perminyakan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya Akademi Migas di Cepu.

  • Majalengka

Majalengka merupakan salah satu tempat di masa lalu yang tidak asing bagi dunia pertambangan, terlebih bidang Minyak dan Gas (Migas). Aktifitas pertambangan di Majalengka sudah dimulai semenjak jaman Belanda.

Sumur minyak yang pertama di eksplorasi oleh Belanda di Majalengka sudah  mulai beroperasi sejak tahun 1800-an. Waktu itu, Belanda menurunkan J. Reerink untuk membor empat sumur rembesan minyak yang terletak di lereng Gunung Ceremai (barat Kota Cirebon).

Pada masanya untuk mengebor, J. Reerink memanfaatkan kekuatan lembu dan sukses mendapatkan 6.000 liter minyak. Hal tersebut menobatkan produksi minyak pertama di Indonesia, namun J. Reerink menghentikan pengeborannya karena dianggap tidak ekonomis.

  • Bojonegoro dan Tuban

Jawa Timur merupakan daerah baru penghasil minyak bumi, hal tersebut dibuktikan dengan adanya kilang minyak di Bojonegoro yang dikelola oleh PT Tri Wahana Universal yang memiliki kapasitas 6.000 barrel tiap hari.

Selain Bojonegoro, wilayah lain di Jawa Timur yang merupakan sumber minyak adalah Tuban. Terdapat kilang yang dikelola oleh PT Trans Pacific Petrochimical Indotama yang memiliki kapasitas hingga 100.000 barrel setiap harinya.

Bojonegoro dan Tuban merupakan daerah penghasil minyak bumi di Jawa Timur yang kini menyokong produksi nasional. Diketahui, total kapasitas produksi minyak di Jawa Timur mencapai 106 ribu barrel atau 38,69 juta barrel tiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *