Lenggak Lenggok Tarian Bali di Amerika

Pandai menari Bali menjadi salah satu keinginan banyak wanita di Indonesia, apalagi jika dapat membawakannya di luar negeri. Tentu saja hal ini dapat membanggakan karena dengan begitu budaya Bali akan lebih dikenal hingga ke mancanegara.

Seperti yang telah dilakukan IA Kade Rani Dwi Putri dan rombongan. Diusianya yang masih muda, dirinya telah mengharumkan nama Indonesia, khusunya Bali di kancah internasional.

Rani beserta rombongan bahkan disambut bule menggunakan bahasa Bali alus yakni dengan menyebut ‘Om Swastiastu, Punapi Gatra”. Bule tersebut merupakan sekaa gamelan Sekar Jaya. Sekaa merupakan kumpulan orang asing di San Fransisco, Amerika Serikat. Mereka sangat menyukai kesenian serta budaya dari Bali.

Sekaa Gamelan Sekar Jaya mengundang Rani dan rombingan untuk menampilkan tarian Bali di San Fransisco. Tarian Bali yang dipilih adalah tari legong, yakni bercertia mengenai Pangeran Karna. Rani juga berkolaborasi dengan sekaa gamelan Sekar Jaya dalam pertunjukannya.

Selain menampilkan pertunjukan tari Bali, Rani juga disediakan tempat untuk berbagi ilmu dan budaya Bali. Siapa saja dapat belajar di rumah yang sudah disediakan. Rani sempat tinggal di San Franssco selama satu bulan.

Sepulangnya dari Amerika Serikat, Rani tempat menari di berbagai tempat bahkan memiliki kesempatan untuk tampil di luar negeri kembali. Bahkan beberapa undangan untuk pentas rutin di terima Rani dan rombongan dari Sanggar Tari Warini. Pentas tersebut guna memperkenalkan budaya Bali di kancah internasional. Beberapa undangan berasal dari Jepang, Tokyo, dan negara Eropa.

Menampilkan tarian Bali hingga ke luar negeri membuat Rani bangga serta kagum dengan budaya Indonesia. Ia merasa banyak masyarakat dunia yang sangat menyukai budaya Indonesia dan cukup antusias melihat banyaknya budaya yang kita miliki.

Dari pengalaman tersebut membuat Rani akan terus menari, bahkan memiliki cita-cita menjadi seorang guru tari. Selain karena hobi, ia ingin terus melestarikan dan membawa nama baik Indonesia melalui seni tari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *