Melihat Peluang Investasi di Indonesia Timur

Keadaan perekonomian Indonesia memang tengah dalam perlambatan, tetapi Indonesia Timur dapat tumbuh lebih bagus. Keadaan ini dapat jadi kesempatan kawasan Indonesia Timur berkembang.

Beberapa Wilayah Investasi di Indonesia Timur yang Menguntungkan

Sebagian tempat di kawasan timur Indonesia yang cakap tumbuh di atas rata-rata nasional, contohnya yang terjadi di regional Bali dan Nusa Tenggara. Selain Bali dan Nusa Tenggara ada daerah lain seperti Sulawesi yang kaya akan komoditas mineral dan cokelat, perikanan, tanaman pangan, dan nikel.

Papua dan Maluku juga patut untuk dipertimbangkan, meskipun kondisinya masih dianggap di bawah standar nasional. Pertimbangan tersebut bukan tanpa alasan, lantaran kedua provinsi tersebut menyokong akan kebutuhan tambang nasional.

Baca Juga: Pengusaha Tjandra Limanjaya Investasi di Bali

Kemudian terdapat strategi khusus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Indonesia Timur, yaitu dengan melakukan investasi yang dapat dilakukan oleh pemerintah maupun pihak swasta.

Investasi di Indonesia Timur di Maluku Utara

Maluku Utara baru-baru ini digadang menjadi daya tarik bagi investor asing, hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan realisasi investasi di wilayah tersebut.

Di triwulan pertama tahun 2020 ini Penanaman Modal Asing (PMA) Maluku Utara telah berda di urutan ke-3 setelah DKI Jakarta dan Jawa Barat, dan memiliki nilai capaian investasi mencapai 0,77 miliar dollar AS.

Investasi di Maluku Utara sendiri didominasi oleh berbagai sektor industri logam dasar, barang logam, bukan mesin, dan peralatannya senilai 754,07 juta dollar AS.

Capaian memuaskan tersebut membuat Maluku Utara dapat menjadi primadona baru di kawasan Indonesia Timur dan membuktikan jika pemodal asing telah mulai melirik tempat di luar Jawa.

Maluku Utara adalah salah satu wilayah menarik untuk investasi di Indonesia Timur, tentunya hal tersebut masih dapat dioptimalkan dengan ditunjang oleh infrastruktur yang memadai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *