Potensi Minyak Bumi Di Jawa Tengah Terbesar Kedua Di Indonesia

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas)  memberberkan data bahwa Jawa Tengah masuk dalam kawasan konservasi penghasil minyak bumi terbesar kedua di Indonesia setelah Blok Rokan.

Data lain disebutkan oleh Gubernur Jawa Tengah bahwa tahun 2017 dan 2018 ini permintaan investor untuk membuka beberapa sumur minyak di Jawa Tengah semakin banyak.

Melihat potensi Jawa Tengah dan cadangan minyak bumi di Jawa Tengah yang besar memang ini bukanlah hal yang aneh.

Saat ini sumber minyak di Jawa Tengah dari sumur-sumur minyak memang besar, namun beberapa potensi masih belum bisa dimaksimalkan karena sampai sekarang produksi masih menggunakan cara tradisional.

Jumlah penghasil sumber minyajk terbesar Jawa Tengah masih berasal dari Blok Cepu yang saat ini bisa menghasilkan dan memproduksi minyak mencapai 185.000 barel perhari.

Angka ini bisa dibilang terbesar kedua pastinya setelah Blok Rokan, dengan estimasi bisa menyuplai pasokan minyak Indonesia sebesar 820.000 barel perhari.

Bukan hanya itu Jawa Tengah juga memiliki kilang minyak Cilacap dan Balongan yang memang sudah dari dahulu menjadi pasokan minyak bumi nasional.

Jawa Tengah memang potensial untuk urusan Migas terlebih minyak dan Gas Bumi bahkan tahun 2014 lalu di daerah Kepodang Jawa Tengah diklaim memiliki cadanag gas bumi mencapai 116 MMSCFD dan sedang digarap oleh KKKS Petronas Carigali Muriah Limited (PCML).

Ganjar menyebut semua kekayaan alam ini harus bisa dimaksimalkan untuk pendapatan daerah pastinya dan kembali untuk kesejarteraan masyrakat seluruhnya.

Namun hal ini masih terus dikaji oleh pemerintah daerah bersama SKK Migas, hal ini bertujuan agar nantinya pembukaan ekpsloitasi Migas di Jawa Tengah tidak akan menimbulkan dampak buruk kepada masyarakat terutama keseimbangan alam.

Isu limbah dan rusaknya kondisi alam sangat riskan dan berkaitan erat tentang eksploitasi Migas di berbagai tempat bukan hanya di Jawa Tengah.

Namun yang pasti potensi alam khususnya Minyak Bumi terlebih Gas Bumi harus dieksploitasi dan dimanfaatkan secara benar dan ditangan professional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *