Home » 7 Manfaat Energi Angin dalam Kehidupan Sehari-hari

7 Manfaat Energi Angin dalam Kehidupan Sehari-hari

Energi Angin menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang dapat diperbarui dan tersedia melimpah di alam. Simak manfaat energi angin dalam ulasan berikut ini.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya energi bersih dan berkelanjutan, energi angin semakin banyak dikembangkan dan dimanfaatkan di berbagai belahan dunia.

Energi angin adalah energi kinetik yang dihasilkan dari gerakan angin. Energi ini kemudian dapat diubah menjadi energi listrik melalui turbin angin. Turbin angin terdiri dari baling-baling besar yang berputar ketika tertiup angin. Putaran baling-baling ini kemudian menggerakkan generator untuk menghasilkan listrik.

 Manfaat Energi Angin

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa manfaat energi angin dalam kehidupan sehari-hari:

  • Sumber terbarukan untuk energi listrik

Manfaat energi angin yang pertama adalah sebagai sumber energi terbarukan alias energi hijau pada pembangkit listrik.

Pemanfaatan energi angin untuk listrik menggunakan bantuan kincir angin. Konversi energi angin menjadi energi listrik sudah dilakukan sejak abad ke-7 sebelum masehi oleh masyarakat Persia. Sampai saat ini, beberapa negara menggunakan kincir untuk membangkitkan listrik.

Cara kerja energi angin untuk membangkitkan listrik yakni dengan memanfaatkan tubin angin atau kombinasi antara turbin angin dengan kincir angin. Berikutnya, angin dapat menghasilkan pergerakan yang memicu tenaga listrik.

  • Memudahkan pekerjaan petani garam

Selain menjadi sumber energi terbarukan pada pembangkit listrik, energi angin juga dapat memudahkan pekerjaan petani garam.

Dengan bantuan kincir angin, petani garam dapat membuat air laut naik ke daratan. Kemudian, air laut tersebut dapat dipanen menjadi garam.

Beberapa daerah di Indonesia yang menggunakan energi angin untuk pertanian garam yakni Jepara, Demak, dan Pati.

  • Penyerbukan tanaman

Manfaat energi angin yang berikutnya adalah membantu proses penyerbukan tanaman. Proses ini disebut dengan penyerbukan anemogami.

Angin menerbangkan serbuk sari dari bunga yang satu. Kemudian, serbuk sari terjatuh ke putih bunga lain. Contoh penyerburkan anemoghami terjadi di tanaman padi, jagung, dan rumput-rumputan.

  • Menggerakkan pompa irigasi

Energi angin ternyata dapat menggerakkan mesin dari pompa irigasi, sehingga pompa bisa menjalankan fungsinya untuk memompa air.

Pada beebrapa negara yang memiliki banyak lahan pertanian, pemanfaatan energi angin terjadi pada sistem irigasi, serta untuk menyiram tanaman dan juga mendapatkan air bagi ternak.

  • Mengurangi konsumsi bahan bakar pada kapal layar

Kapal layar merupakan kapal yang digerakkan dengan menggunakan layar yang memanfaatkan tenaga angin sebagai pendorongnya. Adanya energi angin dapat menguragi konsumsi bahan bakar pada kapal layar.

Saat ini masih banyak kapal nelayan yang menggunakan cara ini tanpa bantuan mesin sama sekali.

  • Sebagai ventilasi

Pabrik industri besar umumnya tidak menggunakan AC untuk membuat ruangan tidak panas. Mereka biasanya menggunakan ventilasi bulat berputar sebagai sirkulasi udara.

Ventilasi tersebut bentuknya bulat, seperti kubah masjid dan mempunyai sirip yang terbuat dari bahan alumunium ringan, sehingga bisa berputar dan menjaga sirkulasi udara dengan baik.

  • Mempercepat pengeringan pakaian

Angin juga dapat digunakan sebagai energi alami untuk mempercepat proses pengeringan pakaian. Baju yang baru dicuci bisa cepat kering bila diterpa angin.

Demikian informasi tentang manfaat energi angin. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan pembaca.