Home ยป Capaian Gemilau: Produksi Industri Batu Bara PTBA Melesat 13 Persen Lebih Tinggi

Capaian Gemilau: Produksi Industri Batu Bara PTBA Melesat 13 Persen Lebih Tinggi

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) meraih kesuksesan gemilang dengan mencatat peningkatan kinerja industri batu bara bagian operasional sepanjang tahun 2023. Produksi batu bara PTBA total dari Januari hingga Desember 2023 mencapai 41,9 juta ton, mengalami pertumbuhan sebesar 13 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 37,1 juta ton. Capaian produksi ini bahkan berhasil melampaui target awal sebesar 41 juta ton yang ditetapkan pada awal tahun 2023.

Keberhasilan kinerja produksi ini tidak lepas dari kontribusi positif kontraktor jasa pertambangan dan anak perusahaan PTBA, yaitu PT SBS, yang mampu menyumbangkan 37,7 juta ton. Sementara itu, 4,2 juta ton sisanya merupakan hasil produksi swakelola PTBA.

Peningkatan produksi ini sejalan dengan lonjakan volume penjualan batu bara yang mencapai 37,0 juta ton. PTBA mencatatkan penjualan ekspor sebesar 15,6 juta ton, mengalami kenaikan sebesar 25 persen dibandingkan tahun 2022. Adapun penjualan domestik mencapai 21,4 juta ton, tumbuh sebesar 12 persen secara tahunan (year on year).

Corporate Secretary PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Niko Chandra menyatakan pandangannya soal industri batu bara, “Perseroan terus berupaya mengoptimalkan kinerja operasional. Kami akan memaksimalkan potensi pasar di dalam negeri serta peluang ekspor ke sejumlah negara yang memiliki prospek pertumbuhan bagus, baik pasar eksisting maupun pasar-pasar baru.”

Pasar ekspor PTBA pada tahun 2023 semakin beragam, dengan mencatat penetrasi ke beberapa pasar baru seperti Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, dan Bangladesh.

Perusahaan juga terus melaksanakan proyek-proyek strategis untuk mendukung kinerja. Salah satu proyek penting adalah PLTU Mulut Tambang Sumsel-8 (2×621,72 MW), yang berhasil beroperasi secara komersial sejak 7 Oktober 2023. Selain itu, pengembangan angkutan batu bara relasi Tanjung Enim – Keramasan juga tengah dijalankan, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas hingga 20 juta ton per tahun. Kesuksesan ini menandai komitmen PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dalam mendorong pertumbuhan industri batu bara Indonesia.

Demikian informasi seputar perkembangan industri batu bara di Indonesia. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Grupieluv.Com.