KEK Tanjung Sauh Batam: Misi Pemerintah untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi dengan Target Investasi Rp199,6 T

Pemerintah Indonesia menegaskan komitmen dalam mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus alias KEK Tanjung Sauh di Batam, Kepulauan Riau, dengan target investasi mencapai Rp199,6 triliun. KEK ini diresmikan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2024 oleh Presiden Joko Widodo, dengan harapan mampu menjadi pendorong utama daya saing Indonesia serta memberikan dampak signifikan bagi ekonomi regional.

Menurut Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK, Rizal Edwin Manansang, KEK Tanjung Sauh direncanakan untuk menyerap tenaga kerja sebanyak 366.087 orang selama 30 tahun masa operasionalnya.

Kawasan seluas 840,67 hektare ini, yang terletak di Pulau Tanjung Sauh, Kota Batam, akan fokus pada pengembangan industri komponen elektronik, produksi energi terbarukan, serta logistik dan distribusi.

“Pengembangan KEK Tanjung Sauh tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan investasi, tetapi juga untuk mempercepat penciptaan lapangan kerja dan mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah, khususnya di Kota Batam,” ungkap Edwin dalam konferensi pers di Jakarta.

Salah satu aspek penting dari KEK Tanjung Sauh adalah keberadaan pelabuhan modern yang mampu menampung hingga 5 juta twenty-foot equivalent unit (TEUS), berperan sebagai pusat logistik strategis antara Batam dan Bintan.

Selain itu, KEK ini juga akan menjadi pusat riset dan pengembangan di bidang energi, mendukung penggunaan energi alternatif dan terbarukan untuk kebutuhan industri dan rumah tangga di wilayah tersebut.

Dengan terbitnya PP Nomor 24 Tahun 2024, KEK Tanjung Sauh menjadi salah satu dari 21 KEK yang telah didirikan di Indonesia. Hingga Maret 2024, KEK-KEK ini telah mencatatkan investasi sebesar Rp187,5 triliun dengan penciptaan lapangan kerja untuk 126.506 orang.

“Kawasan Ekonomi Khusus seperti KEK Tanjung Sauh menjadi model terobosan dalam pengembangan industri dan jasa, yang diharapkan dapat meningkatkan ekspor, mengurangi impor, serta mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan,” tambah Edwin.

Dengan demikian, investasi dan pengembangan KEK Tanjung Sauh diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, melalui integrasi industri berdaya saing global, pariwisata internasional, dan ekonomi digital yang berkelanjutan.

Demikian informasi seputar pengembangan dan investasi KEK Tanjung Sauh. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Grupieluv.Com.